Friday, December 15, 2017

Nutrisi Ikan Laut beserta Satu Resep Pilihan

Nutrisi Ikan Laut beserta Satu Resep Pilihan - Dibanding dengan ikan air tawar, kandungan gizi ikan laut jauh lebih banyak. Ikan laut mampu untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Fungsinya adalah agar lemak tubuh tetap dalam kondisi cair saat berada di laut. Dengan adanya kemampuan tersebut, dapat menghasilkan kandungan omega 3 lebih tinggi.

Kandungan paling utama dari ikan laut yaitu zat makro molekul tubuh, misalkan; seperti protein tinggi, lemak, vitamin  dan tentunyamineral.

Ikan Bandeng dapat hidup di air tawar ataupun air payau, makanya ada orang yang menyebutnya Petualang Ulung. Ikan ini dapat berenang mulai dari perairan laut yang salinitasnya cukup tinggi, yaitu 35 ppt atau lebih yang merupakan habitat asli dari ikan ini, kemudian dapat berenang pula ke muara-muara sungai dengan salinitas 15-20 per mil, dan dapat berenang serta hidup di sungai dan danau yang airnya tawar. Inilah sebab bandeng digolongkan sebagai ikan euryhaline.

Yang paling menonjol dalam hal manfaat untuk tubuh adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Jika  sedang sakit, biasanya ‘kan nafsu makan menurun,tapi insya Allah... Bisa teratasi.  Cobalah saja ambil secentong nasi + lauk olahan ikan inu, pasti jadi lahap. Tapi juga perluberhati-hati, beberapa orang alergi pada Gesek Pindangnya.

Manfaat lainnya:

  1. Cegah Kanker Hati
  2. Obat Kanker Leukimia
  3. Menambah Trombosit dalam darah
  4. Sumber Makanan Kaya Zat Besi dan bergizi
  5. Antibiotik tubuh
  6. Membuang Selulit
  7. Mengobati Mual dan kembung
  8. Menetralkan Asam Lambung
  9. Mencegah Rabun Mata
  10. Membuat Kulit Wajah Jadi Halus, Karena Mengecilkan Pori

Makanan digoreng akan aman dikonsumsi jika menggunakan proses yang tepat:

  1. Tidak menggunakan minyak bekas yang sudah digoreng berulang-ulang. 
  2. Pada jenis Ikan tertentu, tidak digoreng terlalu matang apalagi hingga gosong karena akan menghilangkan protein yang dikandung.
  3. Usahakan jangan sampai makanan yang Anda goreng tidak mengandung banyak minyak, sehingga meminimalisir masuknya pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. 

Berarti tidak masalah ya kalau ingin memasak ikan laut yang digoreng dulu, asalkan dengan syarat seperti di atas, itu juga demi kesehatan kita.
Langsung masuk ke langkah-langlahnya, ya:

  1. Pertama, cuci bersih Pindang Salemnya. 
  2. Selanjutnya, goreng Pindang Salem dengan minyak yang masih baru. Dan ingat, jangan sampai gosong. 
  3. Siapkan bumbunya. Potong kecil-kecil. Bumbunya juga sederhana kok, yaitu bawang merah -  bawang putih, tomat, jangan lupa cabai agar menggugah selera makan. 
  4. Gongso bumbunya dengan api kecil, dengan minyak yang sedikit juga lho ya! Biar tidak kebanyakan minyak. 
  5. Tambahkan sedikit air agar bumbunya meresap ke dalam daging Si Ikan, kemudian masukkan kengkap bumbu-bumbu seperti garam, micim, gula, atau boleh ditambah bumbu kemasan biar lebih enak. 
  6. Tunggu hingga air berbumbu mendidih, lalu masukkan Pindangnya. 
  7. Tunggu hingga airnya surut, namun jangan sampai habis. 
  8. Dan siap disantap! 

Nutrisi Ikan Laut beserta Satu Resep Pilihan

Nutrisi Ikan Laut beserta Satu Resep Pilihan


Ada satu tips lagi untuk yang mau Diet, cocok dengan olahan masakan diatas, pokoknya yang serba bandeng deh. Tapi ada ketentuan lagi yang harus diperhatikan ya, khusus untuk yang ingin mengurangi kantung-kantung lemak tubuh.

Untuk yang sedang melakukan diet ketat, jangan sampai sama sekali menghindari protein, sebab protein tetaplah dibutuhkan supaya otot dan tulang sehat anda tidak mengecil dan akhirnya kerempeng karena terserang anoreksia. Cobalah tambahkan ikan Pindang sebagai menu makan anda, sebagai lauk yang menunjang diet pun menjaga kekuatan otot Anda.

Baca juga: 10 Makanan Indonesia Paling Disukai di Luar Negeri

Karena bandeng sendiri telah mengandung asam lemak omega-3.Poin pentingnya, jangan sampai mengonsumsi bandeng dengan banyak sekali minyak di dalamnya. Tentu hal tersebut akan membuat diet Anda gagal 100%.

Jadi hindari penyajian dengan menggunakan minyak atau menggoreng,  ya. Cara ini akan membuat kalori, lemak dan kolesterol pada bandeng malah bertambah. Jadi gagal diet dong kalau tetap memaksa untuk menggorengnya terlebih dahulu, hehehe. Mengukus, memanggang atau merebus adalah cara terbaik untuk terhindar dari lemak-lemak jahat. Cara ini adalah penyajian bandeng yang berkualitas dan menjamin tubuh Anda tetap ideal.