Friday, June 9, 2017

Ketahui Trik Booking Last Minute ini Sebelum Anda Merugi

Last minute booking merupakan sebuah kebiasaan memesan tiket pesawat terbang jelang keberangkatan. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan karena ada jadwal penting yang mendesak. Mitosnya harga tiket pada last minute booking pastilah akan mahal dibandingkan jika kita memesan tiket jauh-jauh hari. Tetapi jika kita mengetahui trik-triknya, maka harga tiket yang kelewat mahal itu bisa sedikit diredam.

Trik Booking Last Minute


Dikutip dari tiket.com ada hal-hal yang mesti kita ketahui sebelum memutuskan memesan tiket sebuah maskapai penerbangan. Diantaranya adalah membaca term and condition yang ada pada maskapai. Term and condition ini biasanya merupakan persyaratan dan ketentuan dari maskapai terhadap para calon penumpang mereka. Lebih khusus, pada term and condition juga selalu ada ketentuan tentang bagaimana cara cancel tiket, refund, ataupun ketentuan lain bilamana terjadi perubahan jadwal penerbangan. Juga jika ada biaya-biaya tambahan terkait perjalanan pada maskapai tersebut seharusnya ada dalam term and condition tersebut. 

Namun, memang kebanyakan kita mungkin akan mengabaikan tanpa membaca term and condition itu terlebih dahulu. Karena selain panjang, faktor ketiadaan waktu juga menjadi alasan. Tetapi memang ada baiknya juga sesekali untuk menengok syarat dan ketentuan dari setiap maskapai itu, karena akan erat kaitannya dengan pelayanan yang mereka berikan kepada kita.

Selanjutnya mengenai last minute booking, sebenarnya memanglah beresiko. Untuk mengurangi resiko naiknya harga, maka trik-trik booking last minute ini patut kita coba:

1. Timing yang Tepat

Kebanyakan kita terkena harga tinggi pada booking last minute disebabkan timing yang kurang tepat. Jika perjalanan Anda tidak begitu mendesak alias tidak mesti dapat tiket pada hari itu juga, maka perhatikan bahwa sebaiknya tiket dipesan pada hari Sabtu, Selasa dan Rabu. Bahkan, diantara 3 waktu tersebut, waktu yang paling bagus dalam memesan tiket adalah hari Selasa pukul 3 sore. Mengapa begitu, sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa pada hari Minggu dan Senin pihak maskapai akan menaikkan harga tiket menjadi dua kali lipat karena merupakan kalender akhir pekan. Namun perlu juga diingat bahwa hal tersebut  juga tergantung pada ketersediaan tiket yang ada.

2. Penerbangan Malam

Melakukan pemesanan tiket untuk jadwal penerbangan malam sebenarnya juga tergolong hemat. Sebab, pada penerbangan malam terutama jadwal terakhir maskapai ke sebuah kota biasanya memang lengang. Sehingga kesempatan dalam memperoleh tiket last minute sangat besar.

3. Manfaatkan Aplikasi Pemesanan

Khusus untuk last minute booking memang disarankan agar Anda menggunakan aplikasi pemesanan tiket. Tidak saja lebih cepat, tetapi akurat dalam menginformasikan ketersediaan tiket last minute. Tetapi perlu diingat bahwa hati-hati dalam memilih aplikasi pemesanan khusus last minute tersebut. Pastikan bahwa aplikasi yang Anda pakai memang terverifikasi atau bukan tipuan. 

4. Pesan Tiket Terpisah

Jika Anda akan berangkat bersama keluarga lebih dari 4 kepala, maka disarankan agar memesan tiket secara terpisah. Hal ini dimaksudkan agar dapat menekan pengeluaran ekstra yang entah mengapa memesan tiket sekaligus atau rombongan itu menjadi sedikit lebih mahal.

5. Hubungi Call Center

Khusus bagi Anda yang memang terburu-buru atau kebutuhan mendesak, jangan segan-segan untuk menghubungi call center maskapai yang ada untuk menanyakan ketersediaan tiket atau apakah ada kursi ekstra dalam penerbangan itu.

6. Jangan Terkecoh Waktu Pemesanan

Meski sudah last minute booking, waktu pemesanan tidaklah berpengaruh dari hangus tidaknya pemesanan tiket Anda. Mengapa begitu, sebab lagi-lagi hal tersebut tergantung pada ketersediaan tiket.


7. Soekarno-Hatta

Ini khusus bagi Anda yang berangkat dari Jakarta. Hindari Halim Perdanakusuma jika Anda menginginkan harga tiket yang murah dan tentu saja ketersediaan tiket itu sendiri. Sebabnya simpel, karena jadwal penerbangan maupun maskapai yang ada di Soekarno-Hatta lebih banyak daripada di Halim. Hal ini memungkinkan harga tiket menjadi lebih murah karena tetap saja ada persaingan diantara maskapai-maskapai tersebut.


Semoga Trik Booking Last Minute ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang akan melakukan mudik atau pulang kampung menggunakan pesawat. Selamat mencoba.