Friday, June 16, 2017

Karakter seorang gamers itu tercermin dari tipe job yang mereka mainkan, Benarkah?

Karakter seseorang berdasarkan game


Bagi para gamers, terutama penyuka game bergenre RPG (Role-Playing Game) baik itu MMORPG, ARPG atau berbagai jenis turunan RPG lainnya, memilih sebuah karakter di awal permainan adalah hal yang wajib dilakukan. Karakter yang dibuat itu tentu berdasarkan job yang ada pada game tersebut. 

Misalkan saja untuk game online Perfect World Indonesia besutan Lyto yang bisa dibilang merupakan game online bergenre MMORPG paling lama bertahan di Indonesia ini mempunyai 12 job yang didasarkan pada 6 kelas atau ras. Ras manusia dengan job Warior dan Mage, ras peri dengan job Priest dan Archer, ras siluman dengan job Bestial dan Foxlady, ras duyung dengan job Assasin dan Psychic, ras dewa dengan job Seeker dan Mystic, dan ras nightshade dengan job Duskblade dan Strombringer.

Perfect World hanya sekelumit contoh dari banyaknya game bertipe RPG dewasa ini. Baik yang dimainkan lewat client, lewat browser maupun lewat mobile. Bisa dibilang, beda game beda pula nama job yang ditawarkan. Walaupun begitu, setidaknya dari kesemua game RPG tersebut, pada dasarnya ada 4 tipe dasar dari job-job tersebut yang mesti dimiliki oleh game RPG yaitu melee (fisik), magic, support, dan range.

Dari 4 tipe dasar itulah yang sebenarnya dikembangkan oleh para developer atau pembuat game untuk menjadi hero atau job-job yang akan dipilih oleh para player. 

Nah, untuk para gamers atau player sejati, memilih tipe job yang akan dimainkan tentu tidak bisa sembarang pilih saja. Jika kamu termasuk player yang suka milih sembarang tipe, hanya ada dua alasan dibalik itu; Pertama, kamu baru mencoba pertama kali game tersebut, Kedua, kamu tidak sengaja nemu game itu dan memilih memainkannya. Ya, mungkin dua alasan tersebut memang tidak bisa digeneralisir sih, tetapi jika kamu adalah gamers RPG sejati, apapun gamenya, apapun jobnya, pasti tipe jobnya selalu sama. Inilah yang membuat tim ApaSih.com  menduga bahwa ada keterkaitan antara tipe job dengan sifat asli para gamers itu sendiri. Nah, bagaimana keterkaitan itu;

1. Tipe Melee (Fisik)

Tipe job melee atau fisik ini merupakan tipe karakter atau hero jarak dekat. Biasanya, tipe ini mempunyai tingkat pertahanan yang lebih tinggi ketimbang tingkat serangannya. Oleh karena itu, karakter tipe Melee biasa menjadi tumpuan harapan bagi timnya untuk menangkis serangan musuh terutama ketika berhadapan dengan boss. Sehingga tak salah jika karakter ini dikenal juga dengan istilah Tanker. Bagi gamers yang suka dengan tipe ini berkemungkinan mempunyai sifat-sifat asli sebagai berikut: punya potensi sebagai leader, punya pendirian yang teguh meski sering jadi bulan-bulanan dari segala penjuru, punya solusi tetapi kadang monoton, meski tahan banting tetapi tetap saja tidak mampu mengatasi masalah tanpa kerjasama tim.

2. Tipe Magic

Tipe job magic biasanya mempunyai ciri khas damage atau serangan yang besar. Meski begitu, pertahanannya sangat kecil jika dibandingkan tipe job yang lainnya. Oleh karena itu tipe ini mesti menjaga jarak dengan musuh supaya tidak cepat mati. Bagi gamers yang suka bermain dengan tipe ini berkemungkinan mempunyai sifat-sifat asli sebagai berikut: punya tingkat sensitifitas yang tinggi, punya solusi yang matang saat menghadapi masalah namun tidak terburu-buru, mampu mengatasi masalah-masalah yang terbilang kritis baik yang terjadi pada dirinya sendiri maupun pada sebuah tim dimana ia bekerja, sedikit sombong karena kemampuannya sehingga sering pula terjebak pada kecerobohannya sendiri.

3. Tipe Support

Tipe job support jika dilihat tidak jauh beda dengan tipe magic. Namun, perbedaannya tipe support bisa menyembuhkan (heal) baik dirinya sendiri maupun timnya. Tipe ini merupakan tipe yang paling dinanti setiap game RPG khususnya saat akan membunuh boss atau event war. Sebab karena kemampuannya dalam menyembuhkan itu sehingga seluruh tim dapat selamat dan unggul dari musuh. Bagi gamers yang suka bermain dengan tipe ini berkemungkinan mempunyai sifat-sifat asli sebagai berikut: mempunyai jiwa sosial yang tinggi, merupakan pendengar yang baik, tidak pernah mau berlama-lama dalam situasi kritis, mampu mengatasi masalah sendirian.

4. Tipe Range/Archer

Walaupun tipe magic dan support juga termasuk tipe range, namun tipe range yang satu ini benar-benar heroik dengan tingkat kritikal serangan yang mematikan. Antara pertahanan dan serangan cenderung seimbang. Sehingga kenyataannya di beberapa game, tipe ini kadang juga bisa menjadi Tanker tergantung situasi. Bagi gamers yang suka bermain dengan tipe ini, maka berkemungkinan mempunyai sifat-sifat asli sebagai berikut: mampu mengatasi masalah sendiri, punya kemampuan berpikir yang cepat, suka dengan tantangan, punya rasa individual yang tinggi, setia kawan iya tetapi ketika tersudut lebih memilih menyelamatkan diri sendiri. 

Benar atau tidak dugaan diatas, selanjutnya dikembalikan kepada para pembaca sekalian. Walaupun begitu, apakah sifat-sifat tersebut memang nyata adanya?