Minggu, 20 Mei 2012

Tidur Siang Itu Cukup 5 Menit Saja

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Dari sekian puluh yang sedang online saat ini, saya yakin lebih dari 50% sedang mengantuk atau pengen tidur siang. tapi taukah anda bahwa tidur siang itu cukup 5 menit saja? Mengantuk di siang hari, menurut Hiromi Shinya, adalah hal yang wajar. Penyebabnya adalah enzim kita banyak digunakan saat bangun dan beraktivitas.

Jika tubuh sudah memberi sinyal demikian, dengarkanlah. Jangan abaikan karena alasan apa pun. Jangan juga khawatir pekerjaan tertunda. Sebab, untuk memulihkan tenaga, kita cuma perlu waktu 5 menit.

Untuk kita terapkan, carilah tempat di mana kita tidak akan diganggu. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan lemaskan seluruh otot tubuh. Kalau memang mengantuk, tidur saja.

Shinya menyebut tidur siang sejenak ini sebagai power nap. Sebab, hanya dalam waktu 5 menit atau paling banyak 30 menit, kita pasti akan terbangun dengan kekuatan penuh. Istirahat singkat, menurut penulis buku Miracle of Enzyme itu, mengizinkan tubuh melakukan homestatis atau pemulihan diri. Walhasil, kinerja kita di sesi selanjutnya akan berlangsung dengan efektif.

Tidur siang singkat padat ini, bisa dilakukan setelah habis makan siang disela-sela kesibukan sehari-hari. Pemilihan tempat untuk tidurnya bisa di meja kantor, mobil, angkot, meja belajar, kursi kelas ataupun tempat istirahat.. Yang pasti tidak dianjurkan di kasur yang empuk (yang ada bablas sampe sore).
IKLAN 1 IKLAN 2