Selasa, 22 Mei 2012

Rahasia Tidur Sehat dan Cantik

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Kamu pasti bertanya-tanya,apa kaitan antara tidur, sehat dan cantik? Tidur selain berguna untuk kesehatan, ternyata sangat pengaruh terhadap kecantikanmu, lho!. Mau tahu rahasianya? simak terus ya…

Tubuhmu membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi akibat kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Waktu yang tepat mengisi kembali energi kamu adalah saat kamu tidur. Bila waktu tidurmu terbatas, maka energi yang kamu peroleh pun terbatas. Padahal, energi sangat kamu butuhkan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang bertugas mempertahankan kelembaban juga kekencangan kulit, serta menyuplai zat gizi ke rambutmu agar tetap berkilau dan tidak mudah patah.

Kekurangan waktu tidur juga dapat memicu timbulnya stres yang dapat mengakibatkan pengerutan pembuluh darah. Pengerutan itu menghambat sirkulasi darah,sehingga membuat kulitmu terlihat tidak sehat. Akibat yang paling sering terlihat adalah mata menjadi kering dan mengalami iritasi, serta terbentuk lingkaran gelap di bawah mata sebagai tanda kelelahan (fatigue). Stres juga dapat memicu kulit wajahmu terlihat gelap dan membuatnya lebih rentan terhadap jerawat.

Untuk memperoleh tidur yang nyeyak dan berkualitas,kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:
1. Berolahraga secara teratur dan menerapkan pola makan yang tepat.
2. Rencanakan waktu tidur dan bangun dengan teratur setiap hari.
3. Hindari mengkomsumsi kafein,nikotin,dan alkohol karena dapat memicu detak jantung menjadi cepat.
4. Jangan minum berlebihan dan hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur,sehingga membantu mencegah kamu terbangun saat tengah malam.
5. Jika sempat,lakukan aktifitas dengan berendam ke dalam air hangat sebelum tidur.
6. Persiapkan lingkungan yang tenang dan ciptakan suasana yang damai di hati dan juga pikiranmu, misalnya dengan menetaskan minyak aroma terapi di atas bantal.
7. Tidurlah dengan posisi yang tepat, yakni posisi rileks terlentang lurus dengan bantal yang nyaman dan tidak terlalu tinggi. jika kamu menggemari posisi tidur miring lebih baik memilih posisi tidur miring ke kanan yang dianggap para dokter tidak menekan jantung.
8. Hindari posisi tidur tengkurap yang merupakan posisi tidur terburuk sebab menekan lengkungan tulang punggung, sehingga selama tidur otot menjadi tegang. Selain itu, posisi ini dapat membuat wajah sembab juga mata merah karena dada dan jantung tertekan,serta kulit wajah terlipat akibat tertekan bobot tubuh.

Semoga bermanfaat ya,,,,
IKLAN 1 IKLAN 2