Selasa, 22 Mei 2012

Persepsi yang Salah tentang Afrika

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Pastinya kita sering mendengar tentang Afrika. Entah itu dari film, acara TV, sampai majalah pun setidaknya pasti pernah menyebutkan nama Afrika ini. Namun, sayangnya kita sering memiliki persepsi yang salah mengenai Afrika, tidak percaya? tanya saja teman di sebelahmu, tanya apa saja yang ada di pikirannya kalau mendengar kata Afrika. Seperti yang sering diliput pada acara-acara TV. Biasanya Afrika identik dengan padang gurun beserta hewan-hewan liar nya dan penduduknya yang berkulit hitam dan jauh dari peradaban modern.

Nah, tujuan Apasih.com di sini adalah meluruskan persepsi yang salah mengenai Afrika. Berikut adalah fakta - fakta mengenai Afrika yang perlu Kita ketahui.

10. Afrika adalah sebuah negara
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Ini adalah salah satu persepsi yang salah mengenai Afrika. Banyak orang mengira bahwa Afrika adalah suatu negara besar. Kenyataannya, Afrika itu adalah sebuah benua besar dengan berbagai negara di dalamnya. Afrika memiliki populasi penduduk sebesar 1 milyar orang. Afrika sendiri terdiri dari 61 negara yang berbeda dengan beragam budaya dan etnis.

9. Afrika hanyalah sebuah gurun yang gersang
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Walaupun pernyataan ini tidak sepenuhnya salah, namun persepsi bahwa seluruh Afrika hanya terdiri dari padang gurun yang gersang adalah salah. Memang benar bahwa Afrika adalah benua yang memiliki lahan kering dan gurun yang luas dan banyak. Benua Afrika juga merupakan daerah yang sangat panas. Namun tidak sepenuhnya benua Afrika adalah benua yang miskin air dan tanahnya kering kerontang karena sedikit curah hujan. Banyak juga daerah hutan hujan tropis di Afrika. Bahkan ada beberapa bagian di Afrika yang tertutup salju. Salju di Afrika turun di daerah pegunungan tinggi. Mirip seperti kondisi di puncak Gunung Jaya Wijaya di Irian Jaya.

8. Penduduk Afrika tinggal di pondok
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Bila Kamu masih berpikir bahwa orang - orang Afrika tinggal di sebuah pondok, saatnya bagi Kamu untuk lebih mengeksplorasi benua ini! Mungkin selama ini Kamu hanya melihat benua Afrika melalui film – film dokumenter. Di Afrika tuh ada bangunan, kota, jalan - jalan besar dan modern seperti di negara atau kota lain di dunia. Walaupun memang benar masih ada suku yangmemilih untuk tinggal di pondok, tapi penduduk tersebut hanya terdiri dari segelintir suku saja. Tidak berlaku di seluruh benua Afrika.

7. Makanan di Afrika aneh!
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Ya, benua Afrika mungkin bukan benua maju seperti benua Eropa, Amerika, dll. Tapi hal ini bukan berarti makanan di Afrika tidak enak dan aneh. Lihat deh gambar di atas. Di Afrika pun sebenarnya ada restaurant cepat saji seperti McDonalds. Ya, mereka memiliki hidangan tradisional khas mereka, tapi siapa yang tidak? Bahkan Cina, Jepang, dan negara lainnya juga memiliki hidangan tradisional masing – masing yang tidak kalah aneh, seperti sushi yang mentah? Atau Curry India dengan berbagai macam herbs nya? Mungkin makanan tradisional Afrika hanya tidak terlalu populer saja, tapi bukan berarti aneh.

6. Hewan liar yang berkeliaran dimana-mana
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Benua Afrika memang merupakan benua yang menjadi rumah bagi berbagai macam hewan liar. Mulai dari hewan yang buas, sampai yang jinak dan hampir punah. Tapi masih banyak orang yang memiliki persepsi bahwa benua Afrika dihuni oleh berbagai macam hewan liar dan buas yang berkeliaran seperti singa, harimau, gajah, dll. Hewan liar dan buas hanya mendiami hutan - hutan saja di Afrika. Mereka tidak berkeliaran di kota-kota pada benua Afrika. Ada tempatnya masing - masing.

5. Tidak ada teknologi di Afrika
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Sebenarnya Afrika tidak se-ketinggalan zaman seperti yang Kamu bayangkan. Banyak alat – alat elektronik dan gadget – gadget yang beredar di pasaran telah masuk ke benua ini. Sama seperti hal nya di Indonesia koq. Benua Afrikajuga memiliki teknologi canggih dan modern pada kota - kota besarnya.

4. Bahasa purba
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Kamu bahkan mungkin akan terkejut bila tahu berapa banyak bahasa yang terdapat di benua Afrika. Benua Afrika sendiri memiliki 61 negara. Dan setiap negara memiliki berbagai macam bahasa daerah. Jadi, bisa Kamu bayangkan betapa banyaknya ragam bahasa di Afrika? Contohnya saja Namibia, ia memiliki lebih dari 20 bahasa nasional. Belum lagi termasuk bahasa asing para ekspatriat di sana, seperti Jerman, Inggris, Portugis, Prancis, dll. Hampir setiap negara di Afrika memiliki bahasa nasional, bahasa asing, dan bahasa daerah mereka sendiri.

3. Di Afrika hanya ada sedikit hotel
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Jika Kamu mengira bahwa jumlah wisatawan yang mengunjungi benua Afrika hanya sedikit, Kamu salah. Banyak wisatawan yang kini mengunjungi benua Afrika. Entah itu untuk berlibur atau untuk urusan pekerjaan. Contohnya adalah Afrika Selatan. Dengan banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi Afrika Selatan, di sana telah dibangun lebih dari 372 hotel.

2. Tidak ada toilet di Afrika
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Memang setiap negara memiliki ciri khas tersendiri untuk standard sebuah toilet. Namun, fakta mengenai standard toilet di Afrika sepertinya masih perlu diubah. Di Afrika, banyak tersedia toilet yang tidak kalah bersih dan modern seperti di negara kita sendiri. Bahkan mungkin beberapa masih lebih bersih daripada toilet umum di Indonesia.

1. Semua penduduk Afrika adalah orang berkulit hitam
Persepsi yang Salah tentang Afrika
Sebenarnya, warna kulit dan ras di Afrika tidak jauh berbeda dengan seperti di Amerika. Walaupun penduduk asli orang Amerika adalah ras berkulit hitam, namun banyak juga orang berkulit putih atau bahkan orang Asia mendiami benua Amerika. Nah, sama hal nya dengan yang terjadi di Afrika. Memang penduduk asli orang Afrika adalah ras berkulit hitam. Namun benua Afrika sempat dijajah oleh orang Portugis sekitar 400 tahun yang lalu. Sehingga setelah melewati masa 400 tahun, jumlah orang portugis di Afrika sudah meningkat. Juga disertai dengan kedatangan orang - orang Belanda dan Prancis. Bahkan mereka sudah menjadi penduduk tetap selama ratusan tahun dan menjadi warga negara resmi di Afrika.

source
IKLAN 1 IKLAN 2