Senin, 05 September 2011

Planet HD85512b, Ini dia Planet Baru yang diklaim layak Huni

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Setelah beberapa waktu lalu para ilmuan menemukan gugusan planet gliese 581c, 581d, 581e, 581f dan 581g sebagai planet yang pertama kali diperkirakan layak huni bagi mahluk hidup kini giliran para ilmuan dikejutkan dengan temua sebuah planet yang sementara di beri nama HD85512b.

Planet HD85512b sendiri mengorbit pada sebuah bintang katai orange dengan jarak 36 tahun cahaya dari tata surya di konstelasi Vela. planet ini ditemukan oleh European Southern Observatory di Cile dengan metode High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (HARPS).


Gambar hanya ilustrasi

Menurut data HARPS planet ini memiliki ukuran 3,6 kali lebih besar dari bumi, mengorbit pada posisi yang tidak terlalu jauh serta tidak terlalu dekat seperti halnya bumi dengan matahari, para ilmuan melanjutkan diperkirakan planet ini memiliki zat cair yang sangat banyak di atmosfer dan permukaan planet.

Dari penelitian lebih lanjut tentang planet inu juga diduga memiliki awan layaknya bumi dan mempunyai ketebalan atmosfer yang mencapai 60% yaitu angka ideal untuk sebuah planet agar dapat di tinggali. bumi sendiri memiliki 50% ketebalan atmosfer, serta yang mengembirakan dari planet ini adalah dugaan yang mengerah pada keberadaan nitrogen dan oksigen di atmosfer.

HD85512b merupakan planet batuan kedua yang memiliki kemiripan dengan Bumi setelah planet gliese 581g. faktor lain yang membuat HD85512b bisa dinyatakan sebagai planet layak huni dan bukan hanya klaim belaka. tak seperti klaim layak huni Gliese 581g yang masih menjadi kontrofersi, planet ini benar-benar mirip dengan bumi karena mengorbit hampir bulat sempurna, jadi perubahan iklim tidak akan mencolok di planet ini.

Informasi lain yang didapat dari planet ini adalah usia tata surya dari planet ini diperkirakan 5,6 milyar tahun, lebih tua dari galaxi bimasakti yang berumur 4,6 Milyar tahun.

Sayang seribu sayang, dengan kemampuan teknologi manusia sekarang ini hampir mustahil untuk mengunjungi planet ini. para ahli berkelakar jikapun manusia mampu sampai ke planet ini, kita akan dibebankan grafitasi 1,6 kali dari gravitasi di bumi walau ada oksigen kita juga akan merasa seperti mandi sauna, karena suhu planet ini rata2 antara -10 sampai 70 derajat celcius dengan kelembaban yang luar biasa
IKLAN 1 IKLAN 2