Kamis, 05 Mei 2011

Usung Teknologi Baru, Sebentar Lagi I-Pod Bisa di Charge dengan Detak Jantung

Halo!
Sobat Apasih.com :)

www.AstroDigi.com

Sebentar lagi pemilik iPod tidak perlu khawatir kehabisan baterai untuk perangkat kesayangan. Mereka bisa memanfaatkan gerakan tubuh manusia, khususnya jantung. Seperti apa?

Tim dari Georgia Institute of Technolog, Georgia, Amerika Serikat, mengembangkan chip kecil yang mengubah gerakan manusia menjadi daya listrik bagi perangkat teknologi.

Mereka berharap, suatu hari nanti, jantung manusia bisa menjadi kekuatan bagi daya iPod dan ponsel. Penelitian itu dipuji sebagai terobosan mutakhir dan berpotensi ciptakan ribuan aplikasi.

Ilmuwan gunakan kawan nano zinc oxide yang bisa menciptakan daya listrik. Secara teori, pergerakan tubuh, bahkan gerakan jari, dapat menciptakan daya energi. Sejauh ini, tim menggunakan teknologi itu untuk mengirim sinyal radio dan memberi daya ke layar LCD.

"Perkembangan ini menjadi tonggak sejarah terhadap produksi daya elektronik portabel yang bisa diaktifkan via gerakan tubuh tanpa penggunakan baterai,” kata peneliti utama, Dr. Zhong Lin Wang. “Nano generator kami siap mengubah kehidupan di masa depan.”

Perangkat Dr. Wang ribuan kali lebih kuat dari teknologi gerakan sebelumnya dan dianggap sebagai terobosan pertama yang dikembangkan di luar laboratorium.

Peneliti menggunakan jutaan kawat nano yang 500 kali lebih tipis dari satu helai rambut manusia.

Dalam eksperimen mereka, lima pembangkit daya nano bisa menciptakan kekuatan setara dengan dua baterai AA berkekuatan 3 volt atau 1 ampere mikro. Penemuan itu dipresentasikan di National Meeting & Exposition of the American Chemical Society, California, Amerika Serikat.

IKLAN 1 IKLAN 2