Rabu, 18 Mei 2011

Delapan Ikan Jenis Baru Ditemukan di Perairan Bali

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Ilmuwan dari Konservasi Internasional menemukan delapan ikan dan karang spesies baru di pulau Bali, Indonesia. Namun demikian, para ilmuwan belum memberikan nama bagi spesies-spesies tersebut.

Spesies yang ditemukan termasuk belut laut dan ikan kecil warna-warni di antara  karang. Disebutkan, ikan yang memiliki penampilan memesona ini merupakan bagian penting dari kelangsungan lingkungan terumbu karang.


Salah satu spesies ikan baru yang ditemukan di Bali.

"Kami telah melakukan survei di 33 tempat di sekitar Pulau Bali dan telah mengidentifikasi 952 ikan terumbu. Beberapa di antaranya kami yakini adalah spesies baru," kata Mark Van Nydeck Erdmann, penasihat senior, Konservasi Internasional, seperti dikutip dari Independent.

Pada penelitian, para ilmuwan melakukan survei di beberapa daerah wisata bawah air di Pulau Bali. Antara lain, Tulamben, Nusa Dua, Gilimanuk, dan Pemuteran. Saat ditemukan, spesies-spesies baru itu hidup di kedalaman 10 sampai 70 meter.

Erdmann mengatakan, temuan mereka belum dinamai. Namun ikan-ikan tersebut termasuk dalam genus Siphamia, Heteroconger, Apogon, Parapercis, Meiacanthus, Manonichthys, Grallenia, dan Pseudochromis.

Survei laut yang berakhir pada Rabu, 11 Mei 2011 lalu itu memakan waktu hingga dua pekan. Selama penyelaman, tim juga berhasil menemukan spesies baru dari Euphyllia atau karang buih.

Indonesia selama ini dikenal sebagai  surga biota laut. Indonesia dikenal sebagai Coral Triangle yang kaya akan keanekaragaman hayati yang sangat penting artinya bagi kesehatan laut dan persediaan pangan dunia.

Tahun lalu, ilmuwan juga menemukan beberapa spesies baru di kawasan Papua. Temuan terdiri atas ikan gua yang tidak memiliki mata dan jenis katak yang membawa keturunannya di atas punggungnya.

sumber:
teknologi.vivanews.com
IKLAN 1 IKLAN 2