Minggu, 24 April 2011

Tips menghilangkan rasa ngantuk

Halo!
Sobat Apasih.com :)

http://1.bp.blogspot.com/_gyWvJ9qxsHM/S4edv9YgRZI/AAAAAAAACMI/BSjv-Y8QnGg/s1600/tips+ngantuk.png

Mungkin bagi anda semua yang tiap hari kerja, dan mantengin komputer terus, pasti lama-lama capek, ngantuk. otomatis kerja jadi berantakan kan? bisa juga minum kopi biar ga ngantuk, karena kopi (kafein) emang bisa mencegah kantuk. tapi inget efek sampingnya gan, bisa memangkas waktu tidur, menganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur.

terus apa kopi adalah solusi satu-satunya untuk mengusir kantuk saat bekerja? Ternyata tidak. Bagi yang tidak suka kopi, atau tak bisa minum kopi untuk bisa tetep melek, lakukan langkah mudah dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara segar 20 menit. Tindakan ini memiliki efek yang sama dengan minum secangkir kopi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan rasa kantuk, tentunya kecuali minum kopi dan tidur, hehehe

Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak
Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, bahwa berjalan-jalan bisa mengurangi rasa kantuk. karena dengan berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan
Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

Pilih cemilan yang sehat
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti :
-Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
-Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
-Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

Usahakan ngobrol
Jika anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran agan rileks sejenak. kalo ngaskus di rumah ngobrol sama orang di rumah, kalo di kantor ngobrol sama rekan kerja, kalo di sekolah jangan kebanyakan ngobrol, ntar dikeplak guru.

Bikin ruang kerja lebih terang
Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Tarik nafas dalam-dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

*Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.

*Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi
Ini cocok buat yang suka nyetir. kalo agan berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar. buka kaca mobil, denger musik yang keras (suaranya).

Melakukan kegiatan lain untuk stimulasikan pikiran
pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. coba lakukan kegiatan yang berbeda, atau kegiatan yang lebih menarik.

Minum air
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

Udara siang mengatur siklus tidur
Cobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.

Olahraga
Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

sumber: