Selasa, 26 April 2011

Tips Mencegah Rayap Masuk Rumah

Halo!
Sobat Apasih.com :)



Anda seorang yang menyukai perabotan dari kayu di dalam  rumah, dan kerap kesal karena harus berhadapan dengan makhluk perusak kayu atau rayap? Memanggil jasa pembasmi rayap sangat disarankan. Sementara itu untuk mengurangi aksi si rayap, berikut beberapa langkahnya.

Rayap berkembangbiak secara pesat pada musim hujan, ia menyukai suasana lembab. Pada musim hujan pula, rayap akan membentuk koloni baru. Dimana ada laron yang bermunculan merupakan rayap dewasa jantan dan betina yang mencari pasangan. Rayap hidup berkoloni, inilah kekuatannya meski ia serangga kecil dan lemah. Dengan berkoloni, rayap mampu menembus permukaan tanah dan merusak perabotan dari kayu dengan memakannya.

Anda sebaiknya mengenali tanda-tanda, apakah rumah sudah terserang rayap. Misalnya ada gumpalan kecil seperti lumpur di perabot dari kayu. Atau ada serbuk kayu dan lubang dimana-mana. Nah, kalau sudah melihat beberapa tanda-tanda invansi rayap, Anda dapat membongkar jalan masuk yang dibangun rayap dua kali dalam seminggu. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada perabotan dari kayu seperti rak buku, almari, dan lainnya.

Sebaiknya memberi jarak saat menempatkan barang-barang berbahan kayu dengan tanah atau lantai. Bereskan sisa material kayu dekat pondasi rumah, ini bisa menjadi pintu masuk rayap. Perbaiki genteng atau saluran air yang bocor. Kebocoran akan menyebabkan kelembaban, situasi favorit rayap. Lapisi perabotan dari kayu dengan pelitur, cara ini akan mempersulit rayap memakan kayu.
source
IKLAN 1 IKLAN 2