Jumat, 29 April 2011

Taukahkamu; Tarif Parkir di San Francisco Rp 155.000/Jam

Halo!
Sobat Apasih.com :)



SAN FRANCISCO - Langkah ini sepertinya patut diterapkan di Indonesia guna mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

Baru-baru ini KTVU melaporkan pemerintah San Francisco, Amerika Serikat (AS) telah memberlakukan tarif baru untuk seluruh lahan parkir kendaraan pribadi di wilayah tersebut.

Tarif baru ini terbilang cukup membuat warga San Francisco tercekik. Pasalnya, biaya parkir melonjak hingga USD18 (Rp155.000) per jam untuk Anda yang memarkir kendaraannya di lahan-lahan resmi.

Biaya itu dipatok ketika permintaan akan lahan parkir cukup tinggi misalnya saat hari-hari kerja. Tapi jika tidak, biaya parkir ditetapkan bervariasi mulai dari USD0,25 hingga USD6 atau kira-kira Rp2.000-Rp51.000 per jam.

Sistem parkir baru ini juga akan dilengkapi sensor yang akan diletakkan pada meter parkir yang telah tersedia. Gunanya memantau berapa banyak ketersediaan lahan parkir yang ada untuk mempengaruhi biaya parkir selanjutnya.

"Kami sangat bersemangat dengan proyek terbaru ini," sebut Juru Bicara Dinas Perhubungan Kota San Francisco Nathaniel Ford.

Diberi nama SF Park, proyek ini sedianya akan berjalan selama dua tahun sebagai proyek uji coba. Jika berhasil maka program akan dibuat permanen.

Ford menyatakan, tujuan program ini sangat jelas, yakni untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya San Francisco dan menggiring para warga untuk beralih menggunakan sarana transportasi umum.

Program SF park akan diterapkan di 6.000 meter lahan parkir di 19 kota dan enam distrik San Francisco.
source
IKLAN 1 IKLAN 2