Sabtu, 16 April 2011

Nestinarstvo, Ritual Tarian di Atas Bara Api Khas Bulgaria

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Sebuah kebiasaan lama yang berabad-abad dapat ditelusuri kembali ke Tracians, Bulgaria. Nestinarstvo (Fire Dancing) adalah ritual misterius di mana orang benar-benar menari di atas bara api membara tanpa menimbulkan luka bakar.



Dipercaya telah menjadi salah satu ritual pagan tertua di Balkan. Nestinarstvo menjadi simbol perlawanan atas penganiayaan oleh Gereja Kristen dan komunisme dan masih dipraktekkan di beberapa desa berbahasa Bulgaria dan Yunani di Pegunungan Strandzha.

Salah satu pemukiman terpencil ini merupakan desa Bulgari legendaris, di mana orang masih menari di atas bara panas, sama seperti nenek moyang mereka yang telah melakukannya selama ribuan tahun.



Ritual misterius Nestinarstvo dimulai saat matahari terbenam, ketika nestinar kepala (penari api), mengenakan kemeja putih dan selempang merah melilit pinggangnya, tiba di Bulgari dan mulai menyebarkan bara panas di lingkaran.

Lampu-lampu dimatikan dan semua penduduk desa berkumpul di sekitar lingkaran bara panas tempat menari, disertai suara bagpipe dan drum.

Nestinari mulai menari di sekitar lingkaran, membawa ikon agama, dan kemudian berjalan melalui api, kaki mereka ringan menyentuh bara merah-panas, kadang-kadang menekan keras dalam gerakan melingkar. Tarian ini berlanjut sampai nestinari bisa memadamkan api dengan kaki mereka.



Seluruh desa Bulgaria mengambil bagian dalam perayaan, tetapi hanya nestinari profesional yang benar-benar melakukan tarian api. Pada zaman kuno, hanya wanita yang dipilih sebagai nestinari, namun saat ini juga dilakukan oleh laki-laki.

Wajah para penari ini pucat seperti salju dan menjaga mata mereka setengah tertutup selama Nestinarstvo, sehingga banyak orang percaya bahwa mereka pergi ke trans rohani yang memungkinkan mereka untuk memberitahu masa depan.



Tapi yang paling menakjubkan tentang Nestinarstvo adalah bahwa pemeriksaan medis dari nestinari telah mengungkapkan bahwa kulit kaki mereka lunak dan tidak meninggalkan jejak luka bakar.

Fakta lain yang membuat penasaran adalah bahwa benda-benda yang jatuh pada bara membara, seperti kepala-syal dari nestinari wanita, tidak pernah tersentuh api.

Saksi mata pernah melaporkan cerita tentang seorang penari yang tersandung dan jatuh di atas bara panas, tetapi hanya bangkit dan melanjutkan tarian mereka seperti tidak ada yang terjadi.


Video Tarian Nestinarstvo



Menurut masyarakat Bulgari, tidak ada yang bisa melakukan ritual ini, Anda harus dilahirkan sebagai seorang nestinari.

Mereka adalah orang-orang khusus yang harus memiliki iman yang sempurna dalam kebaikan, dan jauh dari keinginan jahat pada siapa pun. Ini rupanya membuat mereka aman, tetapi membutuhkan banyak persiapan mental untuk menguasainya.
source
IKLAN 1 IKLAN 2