Senin, 25 April 2011

Inilah Salah Satu Negara Terkecil dan Tidak Memiliki Tanah Datar

Halo!
Sobat Apasih.com :)

San marino



Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.


Santo Marinus, pendiri Republik San Marino, 
pic by. croatia-lab-lopar.com

San Marino adalah sebuah enklaf dalam Italia, berbatasan dengan region Emilia-Romagna dan Marche. Topografinya didominasi oleh Pegunungan Apennine. Titik tertinggi di negara ini adalah Gunung Titano, terletak pada ketinggian 749 m di atas permukaan laut. San Marino adalah negara terkecil ke-3 di Eropa setelah Kota Vatikan dan Monako. San Marino tidak memiliki tanah yang datar, 100% negara ini terletak di atas pegunungan.

















Pada masa Unifikasi Italia di abad ke-19, San Marino berlaku sebagai tempat pengungsian bagi banyak orang yang dipersekusi karena mendukung unifikasi. Atas bantuan ini, Giuseppe Garibaldi menerima permintaan San Marino untuk tidak disatukan ke dalam negara Italia yang baru. Napoleon menolak merebut negara ini. Dan ketika ditanyakan mengapa, dia berkomentar "Mengapa? Negara ini adalah sebuah model republik!"

sumber:
kaskus.us
IKLAN 1 IKLAN 2