Selasa, 12 April 2011

Festival Arwah, Keluarga Cina di Malaysia Borong iPad 2 untuk Dibakar Sebagai Sesaji

Halo!
Sobat Apasih.com :)



Gadget buatan Steve Jobs memang tiada duanya, mengundang histeria massa. Begitu Apple menyatakan mengeluarkan iPad 2 pada awal Maret lalu, ratusan orang sudah antre di depan toko Apple sejah pagi buta, ingin membelinya.

Di Malaysia, 'iPad 2' pun laku. Tapi uniknya, bukan untuk mahluk hidup tapi untuk roh nenek moyang! Hah? Yep, keluarga-keluarga yang anggota keluarganya meninggal kini punya kebiasaan baru: mengorbankan iPad 2 ke arwah.

Tentu bukan iPad 2 yang asli. Melainkan gambar atau foto iPad 2. Inilah bagian dari ritual Festival Qingming. Komunitas Cina di pelosok Asia membakar harta benda terutama barang-barang mewah seperti mobil-mobilan atau tas dari desainer ternama seperti Louis Vitton, Gucci, dll.

"Beberapa pelanggan saya ingin mempersembahkan arwah keluarga mereka dengan barang-barang lux. Dan anehnya, iPad termasuk ke dalam barang-barang yang dibakar itu," kata pemilik toko perlengkapan ritual, Jeffrey Te.

"Saya hanya bisa memberi mereka gambar-gambar iPad edisi pertama," kata Te sembari menunjuk ke rak lemarinya. Di rak itu berjejer sederet 'gadget' mewah untuk dibakar bagi para roh di alam baka, seperti iPhone 4, iPad, Samsung Galaxy Tab.

Secara khusus, Te mengimpor 300 replika iPad siap bakar untuk festival ini. Dan hebatnya, seluruh replika iPad 2 itu sudah ludes, dibakar. Te kini memesan replika baru lagi.
source
IKLAN 1 IKLAN 2