Minggu, 20 Maret 2011

Penyebab Rasa Sakit di Tubuh yang Tiba-tiba

Halo!
Sobat Apasih.com :)



Tanpa disadari kadang seseorang menemukan badannya terasa nyeri atau sakit tanpa diketahui penyebab pastinya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang tiba-tiba merasa sakit atau nyeri di tubuhnya.

Rasa sakit atau nyeri yang muncul bisa terjadi pada sendi atau otot dan kadang disertai dengan lebam (warna ungu) di kulit tanpa diketahui apa penyebanya. Kondisi ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh.

Sebagian besar rasa sakit ini datang dan pergi serta tidak berlangsung lama sehingga seringkali diabaikan. Namun hal ini bisa menghambat kegiatan dan aktivitas seseorang serta rasa tidaknyaman saat duduk atau mengangkat barang.

Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami rasa sakit tak beralasan ini adalah otot bahu dan leher. Seseorang akan mengalami kekakuan di daerah ini yang membuatnya sulit menggerakkan leher atau menggunakan otot untuk bergerak dan berjalan.

Beberapa faktor bisa menyebabkan tiumbulnya rasa sakit atau nyeri di tubuh, seperti dikutip dari Buzzle, Jumat (18/3/2011) yaitu:

  1. Salah posisi ketika tidur sehingga membuat beberapa bagian tubuh merasa sakit keesokan harinya. Kondisi ini seringkali membuat seseorang tidak tahu mengapa tubuhnya terasa sakit di pagi hari.
  2. Jika seseorang melakukan kegiatan fisik lalu tiba-tiba langsung beristirahat dengan memanjakan diri maka bisa menyebabkan nyeri. Kondisi ini dikenal dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) yang disebabkan oleh akumulasi asam laktat pada bagian tubuh yang berbeda.
  3. Adanya fibromyalgia yang lebih banyak mempengaruhi perempuan. Hal ini disebabkan adanya kelainan pada sistem saraf pusat yang kadang disertai dengan gejala depresi.
  4. Kondisi rheumatoid arthritis yang mempengaruhi sendi juga bisa menjadi penyebab rasa sakit tiba-tiba.


Dalam kebanyakan kasus gejala ini akan menghilang dalam satu atau dua hari tanpa melakukan perawatan apapun. Tapi jika gejalanya terus berlangsung maka beberapa perawatan mungkin diperlukan untuk mengurangi rasa sakit, seperti mengonsumsi obat analgesik atau melakukan relalsasi otot.

Jika ditemukan adanya peradangan di bagian tubuh yang sakit, maka kompreslah dengan menggunakan bantalan panas atau dingin untuk membantu meringankan pembengkakan dan juga rasa sakit.

Memiliki rasa sakit atau nyeri di tubuh merupakan keluhan yang paling umum. Untuk menghindarinya lakukan langkah sederhana seperti memperbaiki postur tubuh dalam melakukan rutinitas sehari-hari seperti berjalan, duduk atau tidur akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh dan memungkinkan otot untuk beristirahat.

source
IKLAN 1 IKLAN 2