Selasa, 01 Maret 2011

Orgel, Inilah Alat Musik Paling Rumit Sekaligus Paling Sulit di Mainkan

Halo!
Sobat Apasih.com :)


Alat musik yang paling sulit dimainkan. Suara alat musik orgel cukup akrab di telinga umat kristiani. Orgel disebut organ pipa karena memang peralatannya terbuat dari pipa berbagai ukuran. Beberapa gereja di dunia masih menyimpan orgel asli. Ukurannya, jangan heran, bisa mencapai 10 meter. Jika dibunyikan suaranya menggema dan memantul dari sudut-sudut gereja. Tetapi, tidak semua orang ternyata mampu memainkan orgel. Sebab, orgel yang terkadang disebut raja alat musik, dapat mengeluarkan berbagai warna nada yang hampir tak terbatas jumlahnya.


Kalangan pecinta seni menyebut orgel sebagai salah satu alat musik tertua dan terumit di muka bumi. Karena itu, membuat orgel tidak bisa sembarangan. Si perajin orgel harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti ukuran dan lubang pipa agar dapat mengeluarkan nada yang pas. John Brombaugh, salah seorang perajin asal Eugene, Oregon, Amerika Serikat, yang masih rajin membuat orgel. Brombaugh sering mendapat order karena ia diakui mampu menjaga kualitas suara otentik orgel tetap hidup.


Merakit orgel memang cukup rumit. Satu unit orgel bisa terdiri dari 10 ribu bagian. Membuat alat musik itu juga perlu kejelian dan ketelitian tinggi plus cita rasa seni. Jika si perajin mampu merakit dengan sempurna maka nada suara yang dihasilkan sangat memuaskan. Sebagian orang menilai bunyi orgel asli seolah semerdu suara malaikat.

source: http://bacaananda.blogspot.com/2011/02/orgelalat-musik-paling-rumit.html
IKLAN 1 IKLAN 2