Sabtu, 26 Maret 2011

Ilmuwan Temukan Kura-Kura Purba Bertaring Tajam

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Headline

Siapa yang menyangka meski bertubuh kura-kura, makhluk ini miliki taring tajam layaknya mamalia yang gemar memangsa. Yang menarik, hewan itu malah vegetarian.

Ilmuwan menemukan binatang bertarung tajam mirip kura-kura, dikenal dengan nama Tiarajudes eccentricu. Meski menyeramkan, hewan itu termasuk vegetarian dan menggunakan taringnya untuk melawan predator ataupun musuh.

Ahli paleontologi vertebrata Juan Carlos Cisneros dari Federal University of Piaui di Teresina, Brazil, mengatakan kepada LiveScience, "Jika Anda bertanya kepada saya seberapa mengejutkan penemuan fosil ini, saya cuma bisa mengatakan keberadaan fosil aneh Tiarajudens eccentricus sama seperti penemuan sebuah unicorn (kuda bertanduk).”

Selain gigi bertaring tajam, makhluk itu memiliki mulut yang sepenuhnya ditutupi gigi. Karena saat hewan tersebut menjelajahi Bumi belum ada rumput,

Diperkirakan Tiarajudens eccentricu mengkonsumsi batang tumbuhan ataupun daun. Cisneros memperkirakan hewan itu memiliki kebiasan mirip sapi dan domba.

"Temuan ini menunjukkan adanya komunitas herbivora di lingkungan darat lebih dari 260 juta tahun lalu," kata Cisneros.

Penelitian itu dipublikasikan di jurnal Science edisi 25 Maret.
IKLAN 1 IKLAN 2