Minggu, 27 Februari 2011

Unik, Monyet Capuchin Melumuri Dirinya Dengan Air Seni Untuk Gaet Pasangan

Halo!
Sobat Apasih.com :)

Meski terdengar jorok, monyet Capuchin melumuri dirinya dengan air seni (kencing) untuk menarik perhatian lawan jenis. Monyet betina ternyata mengetahui keberadaan pejantan dengan bau urin.

Monyet Capuchin yang ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan secara rutin melumuri air seni di tangan dan seluruh tubuh.

Kebiasaan aneh itu sebelumnya menjadi misteri ilmuwan bertahun-tahun. Banyak orang mengira itu untuk menurunkan suhu tubuh ataupun identifikasi individu lain.

Namun misteri itu berhasil terpecahkan. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Prmatology menyebutkan urin pada tubuh pejantan menarik hasrat seksual monyet betina.

“Sejak monyet Capuchin betina secara aktif menginginkan pejantan, kami menyadari keberadaan urin di tubuh monyet memberikan informasi kimiawi soal kesiapan seksual dan status sosial pejantan yang ingin diketahui monyet betina,” kata Dr. Kimberley Phillips, ahli primata yang melakukan studi ini.

Menurut ilmuwan di Trinity University, Texas, Amerika Serikat, otak monyet betina mengalami gejolak saat mencium bau urin pejantan. Air seni penjantan dewasa ditanggapi berbeda oleh monyet betina dibandingkan kepada urin monyet jantan remaja.

source
IKLAN 1 IKLAN 2