Jumat, 25 Februari 2011

Taukahkamu; Sepertiga Warga Rusia Masih Percaya Kalau Matahari itu Mengelilingi Bumi

Halo!
Sobat Apasih.com :)


Astronom terkenal Gallileo Gallilei dan Nicolas Copernicus bisa jadi geleng-geleng kepala melihat warga Rusia. Dalam survei terbaru yang diselenggarakan VsTiom, akhir pekan lalu, ternyata sepertiga warga Rusia yang menjadi responden masih percaya kalau bumi adalah pusat tata surya dan matahari mengitari bumi, bukan sebaliknya!

Tentu saja hasil survei ini bikin tersenyum si lembaga survei. "Ini sangat mengejutkan," kata Olga Kamenchuk, seperti dikutip Reuters, Senin.

Dalam surveinya, ia menanyakan sejumlah pertanyaan. Seperti: Apakah matahari mengitari bumi dalam orbitnya? Hasil dari pertanyaan itu, satu dari tiga warga Rusia yang ditanya menjawab, 'Iya'.

Pertanyaan selanjutnya juga mengundang senyum. Apakah bumi merupakan pusat tata surya? Sebanyak 32 persen responden menjawab mereka percaya kalau bumi adalah pusat tata surya. Kemudian terkait radioaktif ditanyakan, apakah gelombang radioaktif itu diciptakan manusia atau alami, sebanyak 55 persen menjawab radioaktif ciptaan manusia.

Yang lebih aneh adalah pertanyaan: Apakah manusia sudah ada ketika zaman dinosaurus? Sebanyak 29 persen responden percaya di zaman 65 juta tahun lalu itu, manusia sudah hidup berdampingan dengan dinosaurus.

"Data ini memperlihatkan bagaimana warga Rusia sebenarnya. Ini memperlihatkan betapa rendahnya level pendidikan Rusia," kata Olga lagi.

Namun ia mengakui, warga Rusia cenderung melupakan pelajaran yang pernah mereka terima di sekolah, bila tidak diterapkan sehari-hari. Namun tetap saja, hasil survei ini mengejutkan dirinya dan lembaganya. "Saya ingin tahu apakah responden negara lain akan menjawab sama dengan warga Rusia," katanya.
IKLAN 1 IKLAN 2