Kamis, 24 Februari 2011

Rubik Raksasa Ini Bikin Pusing Penciptanya Sendiri

Halo!
Sobat Apasih.com :)



Jika normalnya rubik memiliki kubus 3x 3x3, maka rubik raksasa ini memiliki  ukuran 17x17x17 colossus.

Sang penciptanya bernama Oskar van Deventer, 45 tahun – dimana dirinya menghabiskan waktu 60 jam dan  £1,500 (sekitar Rp 21.860.175) untuk mendesain rubik raksasa yang memiliki sekitar 1539 bagian.

Saking banyaknya, Oskar sendiri gak mampu memecahkan rubik tersebut. Padahal dengan rubik ukuran biasa dirinya mampu menyelesaikannya dalam waktu 2 menit saja.

“Teka-teki itu gak pernah diselesaikan, meski orang telah mampu memecahkannya di rubik virtual di internet. Jika kamu bisa memecahkan Rubik kubus yang biasa kamu bisa mencai tahu bagaimana memecahkan versiku tapi itu bakal butuh banyak usaha. Cukup menyenangkan untuk membuat gambar-gambar dari semua warna di kubus,” ujar Oskar yang sudah mulai mendesain rubik saat usia 12 tahun.

Dalam pembuatan rubik raksasa itu, ilmuwan Belanda itu memotong potongan-potongan kubus yang bisa digerakkan dengan menggunakan laser, kemudian menghabiskan 15 jam untuk mewarnai mereka.

Rubik raksasa Oskar itupun dipamekan di New York Puzzle Party Symposium bulan ini dimana para pengungjung sangat antusias dan ingin menyentuh serta mencoba memecahkannya.

Meski dirinya suka membuat rubik yang lebih besar, namun  Oskar gak berniat untuk membuat kelanjutan rubik raksasa ini.

“Aku gak bakal membuat rubik yang lebih besar lagi di masa depan tapi secara teori seseorang bisa mengambil desainku dan menggunakannya untuk membuat sesuatu yang lebih besar,” ujarnya lagi.
IKLAN 1 IKLAN 2