Jumat, 11 Februari 2011

Mau Pesawat Tempur Harrier "mejeng" di Garasi kamu? Beli saja di Ebay (Tidak Termasuk Senjata)

Halo!
Sobat Apasih.com :)


Pesawat tempur Harrier dijual di eBay dengan harga 69.999 poundsterling (Rp 979 juta). Padahal jet ini menjadi ikon kemenangan Inggris dalam Perang Falklands.

Penggemar pesawat tempur memiliki kesempatan memiliki jet Harrier di halaman belakang rumah. Situs lelang eBay menjual generasi pertama pesawat revolusioner itu. Penjualan itu dimulai dengan angka 69.999 poundsterling.

Keputusan ini sangat menyakitkan karena pemerintah mengumumkan penjualan untuk menghemat pengeluaran Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force / RAF).

Padahal, pesawat ini merupakan salah satu prestasi terbesar negara dalam bidang teknologi jet militer. Harrier merupakan pesawat pertama yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Diperkenalkan oleh RAF pada 1969, kemampuan Harrier adalah terbang dengan fleksibel di atas tanah, kemudian terbang dengan cepat. Ini adalah kemampuan yang tidak bisa dilakukan jet konvensional di medan pertempuran.

Pesawat berkecepatan hingga 1.126,5 km/jam ini diklaim sebagai produk yang berperan penting bagi Inggris untuk memenangkan kembali Falkands setelah diserang Argentina pada 1982.

Harrier mampu menembak jatuh 25 pesawat musuh tanpa kehilangan satupun korban di sisi Inggris. Pesawat ini juga berjasa selama lima tahun di Afganistan sebelum ‘dikandangkan’ pada 1997.

Pesawat ini memiliki panjang 18 meter dan panjang sayap delapan meter, serta berat tiga ton dengan dua bangku penumpang. Rasio maksimum pesawat adalah 1.287 kilometer, jarak yang sama antara London dengan Madrid.

source
IKLAN 1 IKLAN 2