Senin, 14 Februari 2011

Inilah Pesawat Kertas Yang Mampu Terbang Sejauh 10 Ribu Mil

Halo!
Sobat Apasih.com :)


Pernah membuat pesawat dari kertas? Jika pernah, seberapa jauh pesawat kertas buatan Anda mampu terbang melayang di udara? Terbang sejauh seratus meter itu mungkin sudah mustahil.

Tapi, Samsung baru-baru ini meluncurkan 100 pesawat kertas yang dibuat dari kertas yang sangat tipis. Pesawat kertas buatan Samsung ini mampu melayang di udara sejauh 10.000 ribul mil.

Ke-100 pesawat kertas itu membawa misi membawa kartu memori (memory cards) Samsung melayang di udara untuk membuktikan bahwa kartu memori milik perusahaan Korea Selatan itu memang sehebat dengan apa yang diiklankannya. Kartu memori Samsung yang memuat video, foto, surat dan lagu-lagu itu sedang diuji coba untuk membuktikan bahwa kartu memori tersebut tahan banting, tahan air dan tahan daya magnetik.

 Lalu, bagaimana pesawat kertas itu mampu terbang sejauk 10 ribu mil. Caranya begini.

Sebanyak 100 pesawat kertas itu dibawa dengan menggunakan balon helium. Setelah berada 22 mil di atas kota Wolfsburg, pesawat-pesawat kertas itu baru dilepas untuk melayang dengan mengikuti arah angin. Pesawat-pesawat itu dilaporkan telah mendarat di Amerika Serikat, Kanada, Rusia, India, Afrika Selatan  dan bahkan Australia yang jaraknya mencapai 10 ribu mil.

Pemimpin Tim Proyek Pesawat Angkasa, Joel Veitch, mengatakan,’’Saya berharap beberapa pesawat kertas akan mendarat di dataran beku Siberia. Pesawat-pesawat itu akan tetap berada di sana selama ribuan tahun sampai pesawat tersebut akhirnya ditemukan oleh manusia masa depan ketika dataran es beku Siberia telah mencair.’’


Manusia masa depan itu, impian Veitch, nantinya akan memasang SD Card Samsung pada SD Card reader mereka dan mendengar suara kami yang hidup di masa lampau. Ikatan pun akhirnya terbentuk lewat pesawat kertas kami.

Jika tidak mendarat di dataran es Siberia, Veitch yakin pesawat kertas buatan mereka mampu terbang lebih dari 100 mil.  ‘’Tapi, siapa tahu seberapa jauh kita akan mendapatkan? Langit adalah batasnya! Secara harfiah! Karena, kita akan ke langit! "

Pesawat kertas semula akan memulai perjalanan mereka pada Oktober. Tapi, cuaca buruk menunda peluncuran proyek untuk kampanye iklan Samsung  tersebut. Pesawat kertas akhirnya baru bisa terbang pada dua minggu lalu.

Mereka membuat pesawat kertas dari bahan kertas yang seratus persen tahan air. Pesawat pun dirancang sedemikian rupa agar mampu melayang jauh di udara. Pesawat kertas membawa kamera untuk memotret lokasi jatuhnya pesawat.

Proyek ini melibatkan ahli pesawat kertas, Andy Chipling, dan penerbang ketinggian amatir, Robert Harrison.  Harrison yang bertanggung jawab atas prediksi, pemantauan dan pelacakan lokasi jatuhnya pesawat kertas. Dia telah memegang rekor Inggris untuk balon ketinggian tinggi selama dua tahun terakhir.
IKLAN 1 IKLAN 2